Kelompok Perikanan Karya Mulya 2 Desa Pasir lor

Selasa, 16 Agustus 2016 | 2273 Kali
Kelompok Perikanan Karya Mulya 2 Desa Pasir lor

Jum’at 12 Agustus 2016. Dengan adanya potensi yang cukup besar di desa Pasir Lor, Kecamatan Karang Lewas Kabupaten Banyumas, berharap adanya budidaya ikan air tawar dapat menjadi primadona dan daya tarik tersendiri bagi desa Pasir Lor.

Menurut Bapak Kepala Desa Pasir Lor Bapak Darsono, potensi perikanan Desa pasir Lor ini sangat bagus dan sangat menjanjikan.

Potensi pengembangan budidaya ikan air tawan di desa pasir lor cukup menjanjikan. Salah satu kelompok budidaya perikanan desa pasir lor kelompok budidaya perikanan Karya Mulya 2 yang diketuai oleh bapak Taufik Hidayah. Proses budidaya dilakukan dari pemilihan indukan yang bagus untuk bisa menghasilkan benih ikan yang memiliki kualitas bagus serta pemeliharaan benih ikan dan pemilihan benih yang akan melalui proses di kolam pembesaran dilakukan dengan sangat teliti dan sudah melalui prosedur budidaya perikanan.

Dukungan dari pemerintah setempat sangat mempengaruhi dan sangat membantu proses budidaya dan proses pemeliharaan ikan.

Prospek budidaya ikan air tawar ini kedapannya diharapkan dapat meningkatkan dan dapat mensejahterakan anggota kelompok yang tergabung dalam kelompok Karya Mulya 2.

Menurut bapak Taufik selaku ketua dari kelompok Karya Mulya 2 pemeliharaan ikan di desa dilakukan dengan memilih jenis ikan yang bagus dan mudah di pelihara seperti pembenihan ikan mujaer, ikan melem, ikan bawal.

Sebelum tahun 2012 awalnya dengan nama sekar mulya dan kemudian ada reformasi pada januari 2012 menjadi Karya Mulya 1 dan Karya Mulya 2 sedangkan dari kelompok Karya mulya 2 masih diakui oleh dinas perikanan, ujar bpk taufik”

Program pengembangan perikanan di Desa Pasir Lor ini yang ditujukan untuk peningkatan produksi dan daya saing perikanan, dan pemberdayaan kelompok perikanan air tawar memiliki arti penting mengingat makin banyak meningkatnya kesadaran dari masyarakat akan perlunya mengkonsumsi ikan air tawar.

Menurut bpk taufik masih banyak kendala dalam pemeliharaan ikan air tawar ini seperti perairan yang cukup sulit dikarenakan tempat pemeliharaan lebih tinggi dari aliran air sungai, diharapkan pemerintah setempat dapat membantu dalam mengatasi permasalahan perairan agar dapat memaksimalkan hasil dari produksi pemeliharaan ikan air tawar di kelompok Karya Mulya Desa Pasir Lor ini.

Related Posts

Font
Jumat, 04 September 2015
Font
Rabu, 16 September 2015
Font
Selasa, 16 Agustus 2016

Komentar